Apa yang saya tahu, ada disini

Mengapa Windows Lebih Baik ?

2 komentar
Liburan telah usai, pelajaran semester 2 pun telah menanti, termasuk pelajaran TIK. Hampir semua siswa merasa terbebani dengan pelajaran TIK. Apalagi ketika di suruh untuk menginstall LINUX, karena Pak Widodo guru TIK kami mengajarkan tentang yang berhubungan dengan Web.

Web tidak lepas dari salah satu software open source, yakni Apache2. Karena keunggulan Apache2 adalah dapat melayani beberapa website sekaligus dalam satu mesin web server. sebenarnya Apache2 dapat diinstall dimana saja (Cross Platform), namun tidak sah jika tidak diinstall di Linux.

Menurut Guru saya berikut merupakan beberapa alasan mengapa harus menggunakan Linux / Ubuntu/ Distro lainnya

Windows menyimpan data/berkas di Hardisk secara acak jadi ketika baru diinstall Windows terasa cepat, namun ketika sudah 1 bulan aja, tinggal ngitung aja berapa lama siput berjalan sejauh 5 meter. Sehingga diperlukan software Defragmenter untuk menyatukan berkas-berkas tersebut agar rapat kembali. Secara tidak langsung dalam jangka waktu lama tentu Hardisk bisa rusak gara-gara jarum didalam Hardisk yang sering loncat-loncat untuk menuju berkas yang akan dibuka. 

Tentu ini berbeda dengan filesystem Linux. Linux menyimpan berkasnya urut dan rapi sehingga secara tidak langsung ini dapat membuat Hardisk anda tidak cepat menuju tempat peristirahatannya.

Windows tidak stabil, sedangkan Linux stabil. coba aja nyalain Windows 1 bulan aja paling-paling hang kalau gak mati, berbeda dengan Linux, bilang guru saya berdasarkan pengalamannya ia menyalakan Komputer Linux selama 4 tahun tidak ada masalah, tentu ini sangat berguna bagi Server yang harus menyala 24 jam bertahun-tahun tiada henti.


Ditemukan virus pada Linux tetapi hingga sekarang saya, teman, guru saya tidak pernah menjumpai virus di Linux/Ubuntu/Distro lainnya. Itu hanya akal-akalan Vendor Anti Virus untuk membesar-besarkan virus di Linux agar produk mereka laku juga di Linux. Berbeda dengan Windows, APAKAH ANDA BERANI MENGINSTALL WINDOWS TANPA ANTI VIRUS ???

Bayangkan harga 1 lisensi Windows seharga umpamakan 2 juta Rupiah, sedangkan anda mempunyai 10 komputer berarti anda harus membeli 10 Windows seharga 20 juta rupiah.

Tentu ini amat mahal, belum termasuk office, atau software lainnya yang luar biasa MAHALNYA. Kalau pakai bajakan ya tinggal siap-siap aja duit 1 milyar buat kalau Pembuat Software merazia (GILE SOFTWARE AJA DIRAZIA) atau siapkan mental 5 tahun dipenjara. Bandingkan dengan Linux, kita bisa menghemat itu semua dan dapat menyisihkan uang itu untuk beramal dengan mendonasikan uang tersebut untuk pengembangan software.

Kesimpulannya untuk apa beli yang mahal kalau ada yang gratis, free lagi jadi kita bisa mengembangkannya dan berbagi untuk komunitas, menghemat uang, menghemat kertas (kotak software), beramal dan masih banyak lagi manfaat dari Linux.
Linux adalah salah satu Produk Open Source.

2 komentar :

  1. mantap tulisannya.. judul nya saya suka.. wakakakak....

    BalasHapus
  2. hahaha, biar bikin penasaran Mas, terima kasih sudah mampir....

    BalasHapus