Apa yang saya tahu, ada disini

[Tutorial] Cara memasang modul RTC DS1307 pada Raspberry Pi 2 Part1

Tidak ada komentar
Assalamu'alaikum kawan-kawan

Sepertinya sudah kelamaan ya nda nge-blog, bingung nulis apaan (karena males), ilmu gak nambah-nambah lagi (kebanyakan tidur kali, hehe), jadi mohon maaf kalau tulisannya agak beda (sembarangan maksudnya). Ceritanya kalau kawan-kawan sehabis beli Raspberry Pi kan nda ada tuh di boardnya punya clock atau jam atau RTC atau apalah yg hubungannya sama nyimpan tanggal dan waktu, jadi setiap
restart waktunya pasti reset dari awal (waktu unix time), itu loh yg tahunnya jadi tahun 1970. Nah biasanya di sistem operasinya sudah include fake-hwclock yg nyimpen waktu terakhir supaya waktunya gak balik ke awal 1970 pas restart dan juga kalau ada koneksi internet maka ntp akan me-request waktu ke server penyedia waktu, jadi waktu pada sistem akan update ke waktu sekarang lagi (nda balik 1970). TAPI, gimana kalau nda ada koneksi internet? tenang masih ada fake-hwclock yang nyimpan waktu ke memori. Tapi, ada tapinya lagi, fake-hwclock (namanya aja fake) kan gak menyimpan waktu secara realtime, jadi dapat dipastikan jika terkahir kalian nyalakan Raspberry-nya tahun lalu, maka waktu di raspberry-nya akan mulai menghitung lagi dari tahun lalu juga.

Dari situ solusinya adalah dengan memasang modul tambahan yg dinamakan modul RTC, disini yang saya pakai (beli) adalah Tinny RTC DS1307 harganya 28rb (gambar utama, foto dari pelapak yg jual). Instalasinya cukup mudah, tapi konfigurasinya agak sedikit merepotkan, maka dari itu saya menulis ini untuk berbagi pengalaman saya kepada kawan-kawan yang kesulitan dalam memasangnya.

Langsung ke tutorialnya aja ya

Pertama persiapkan dulu hardware-nya
Solder kaki-kakinya, pengalaman kalau pakai yg sebelah kiri nda mau ke-detect modulnya

Kemudian buang resistor R2 dan R3, biarkan pull up raspberry yang bekerja

Hubungkan ke port gpio,
VCC ke 5v
GND ke ground
SDA ke gpio 2
SCL ke gpio 3





Untuk referensi penomorannya

Setelah terhubung lanjut ke konfigurasi didalam sistem operasinya...

PART 2

sumber:
http://www.harrykellner.de/index.php/dies-das/projekte2/18-raspberry2
www.linux-ratgeber.de/realtime-clock-rtc-ds1307-am-raspberry-pi-betreiben/
http://www.forum-raspberrypi.de/Thread-tutorial-realtime-clock-rtc-ds1307-am-raspberry-pi-betreiben


Tidak ada komentar :

Posting Komentar