Apa yang saya tahu, ada disini

Kabupaten Berau

Tidak ada komentar
Kabupaten Berau merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur. Dengan ibu kotanya Tanjung Redeb, Kabupaten berau memiliki penduduk sekitar 179.444 jiwa (hasil Sensus Penduduk Indonesia 2010). Sebagai daerah yang dikenal penghasil tambang batubara-nya, Kabupaten Berau juga memiliki beberapa objek pariwisata yang tak kalah keindahannya dengan objek wisata lainnya, di Indonesia atau bahkan didunia.



Beberapa objek wisata yang ada di Kabupaten Berau diantaranya adalah

1. Pulau Derawan
 Pulau Derawan terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur Satuan morfologi Pulau Derawan adalah dataran pantai bertopografi datar. Di perairan sekitarnya terdapat taman laut dan terkenal sebagai wisata selam (diving) dengan kedalaman sekitar lima meter. Terdapat beraneka ragam biota laut di sini, diantaranya cumi-cumi (cuttlefish), lobster, ikan pipa (ghostpipe fish), gurita (bluering octopus), nudibranchs, kuda laut (seahorses), belut pita (ribbon eels) dan ikan skorpion (scorpionfishes). Pada batu karang di kedalaman sepuluh meter, terdapat karang yang dikenal sebagai "Blue Trigger Wall" karena pada karang dengan panjang 18 meter tersebut banyak terdapat ikan trigger (red-toothed trigger fishes).

2. Pulau Sangalaki
 Pulau Sangalaki mempunyai luas 15,9 hektare, pulau ini terkenal akan wisata selamnya (diving). Disini terdapat beraneka ragam biota laut , yang terkenal adalah ikan pari manta. Ikan pari manta biasa berkelompok di perairan pulau ini dan dapat berkumpul hingga 20 ekor pari pada saat terang bulan. Mereka menuju ke pulau ini untuk mencari makan berupa bermacam-macam jenis plankton yang banyak terdapat di perairan ini.
3. Pulau Kakaban
Pulau Kakaban mempunyai luas 774,2 hektar. Pulau Kakaban menarik perhatian turis-turis mancanegara dengan beberapa keunikannya, salah satunya adanya danau di pulau tersebut yaitu Danau Kakaban. Yang mana pada danau tersebut diisi oleh campuran dari air hujan dan rembesan air laut dari pori-pori tanah dan membuat suatu habitat endemik yang berbeda pada kebanyakan kawasan danau lain di dunia. Satu-satunya danau serupa Kakaban didunia ini hanya ada di Palau, sebuah negara kepulauan Mikronesia, 1000 km dari Timur Filipina.

4.  Labuan Cermin
Labuan Cermin terletak di Kecamatan Biduk-biduk, Kalimantan Timur. Bagian atas Danau Labuan Cermin berisi air tawar seperti danau pada umumnya. Namun beberapa meter di bawahnya terdapat aliran air asin. Anehnya, kedua jenis air ini tidak tercampur. Secara kasat mata dapat dilihat bahwa air laut dan air tawar dipisahkan oleh lapisan serupa awan. Dibawah ini adalah Photo yang diambil oleh teman saya, ketika kami berwisata ke Labuan Cermin.
Sumber dan Referensi:http://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Derawan
http://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Berau
http://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Sangalaki
http://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Kakaban
http://id.wikipedia.org/wiki/Danau_Kakaban
http://www.beraukab.go.id/content/detail/tourism/116
http://www.apakabardunia.com/2011/04/danau-labuan-cermin-tawar-dipermukaan.html


Tidak ada komentar :

Posting Komentar