Apa yang saya tahu, ada disini

Menu Inkscape Rusak

Tidak ada komentar

Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas dibawah lisensi GNU GPL. Tujuan utama dari Inkscape adalah menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan CSS.
Inkscape bersifat cross-platform dan dapat dijalankan pada Mac OS X (biasanya dibawah aplikasi X11, walaupun toolkit GTK+ yang digunakan dapat dikompilasikan untuk beroperasi secara langsung dibawah Quartz), sistem operasi berbasis Unix, dan Microsoft Windows. Implementasi SVG dan CSS di Inkscape belum sempurna, misalnya Inkscape tidak mendukung animasi SVG, dan font SVG, walaupun dukungan dasar untuk pembuatan font SVG telah diimplementasikan pada versi 0.47. Inkscape bersifat multibahasa, terutama untuk antarmuka dan script rumit, sesuatu yang sering terlewatkan pada sebagian besar editor grafik vektor komersil.(lihat: wikipedia)
Inkscape versi 0.48 membawa banyak fitur namun ketika saya coba di Ubuntu 10.10, terdapat banyak bug. Awalnya saya kira ini merupakan masalah yang hanya saya saja alami setelah googling sana-sini ternyata itu merupakan bug dan akan di perbaiki pada rilis Inkscape 0.48.1.

Setelah nama menunggu akhirnya versi 0.48.1 rilis, namun masih merupakan paket mentah atau disebut Tarball. Sehingga harus mengcompilenya. Setelah mengcompile sekian lama dengan mengetik diterminal "./configure" "make" "make check" "make install" akhirnya terinstall juga inkscape.
Namun masalah lama masih ada yaitu rusaknya beberapa menu, seperti gambar ini
Judul Spoiler:
Ternyata hal itu disebabkan oleh global menu yang tidak kompatibel dengan menu Inkscape. Langsung saya hapus global menu akhirnya Inkscape berjalan normal.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar